1. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.
  2. Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala Dinas mengoordinasikan penyusunan rencana kerja dan kegiatan bidang-bidang serta memberikan pelayanan administratif dan pertimbangan teknis kepada seluruh satuan/unit kerja di lingkungan Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretaris menyelenggarakan fungsi :
  1. pengkoordinasian penyusunan rencana kerja dan kegiatan di  lingkungan Dinas;
  2. pengelolaan dan pengendalian kegiatan administrasi umum dan kepegawaian serta hubungan masyarakat dan keprotokolan di lingkungan Dinas;
  3. pengelolaan dan pengendalian administrasi keuangan di lingkungan Dinas;
  4. pemberian pelayanan administratif kepada seluruh bidang/unit kerja di lingkungan Dinas;
  5. evaluasi kinerja kesektetariatan dan pelaporan tatalaksana rumah tangga Dinas; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
  1. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Sekretaris mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
    1. mempelajari dan mengolah peraturan perundangan-undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
    2. menyusun rencana kerja dan kegiatan Sekretariat sebagai pedoman dan acuan kerja;
    3. mengoordinasikan penyusunan sasaran kerja pegawai (SKP) di lingkungan unit kerja;
    1. merumuskan bahan dan pengendalian pengelolaan administrasi keuangan yang meliputi penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja Dinas, pembukuan, verifikasi dan perbendaharaan di lingkungan badan;
    2. merumuskan bahan dan mengendalikan pengelolaan administrasi umum dan perlengkapan/perbekalan rumah tangga Dinas;
    3. merumuskan bahan pengelolaan administrasi dan pembinaan kepegawaian di lingkungan Dinas;
    4. merumuskan bahan penyajian data dan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Dinas;
    5. merumuskan bahan pembinaan hubungan masyarakat dan keprotokolan di lingkungan Dinas;
    6. merumuskan bahan pembinaan hubungan masyarakat dan keprotokolan di lingkungan Dinas;
    7. merumuskan bahan penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP);
    8. memberikan dukungan dan pelayanan administratif serta pertimbangan teknis bagi pelaksanaan tugas bidang/unit kerja di lingkungan Dinas;
    9. mengoordinir pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan dan ganti rugi di lingkungan Dinas ;
    10. melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi dengan satuan/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
    11. menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan bidang lingkungan hidup serta menyusun petunjuk pemecahannya;
    12. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
    13. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
    14. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
    15. melaksanakan monitoring, evaluasi kinerja di lingkungan Dinas; dan
    16. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai lingkup tugas dan fungsinya.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan

  1. Sub Bagian penyusunan program dan keuangandipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.
  2. Kepala Sub Bagian penyusunan program dan keuangan mempunyai tugas membantu Sekretaris Dinas menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana kerja anggaran pendapatan dan belanja serta pelaporan dan pengelolaan administrasi keuangan di lingkungan di lingkungan Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sub Bagian penyusunan program dan keuanganmempunyai uraian tugas sebagai berikut:
    1. menghimpun, mempelajari dan menelaah serta mengolah  peraturan perundang-undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
    2. menyiapkan bahan dan menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja Dinas;
    3. menyusun rencana kerja dan kegiatan serta anggaran di lingkungan unit kerja;
    4. mengoordinasikan penyusunan SKP di lingkungan unit kerja;
    5. menyiapkan bahan yang dihimpun dari seluruh bidang/unit kerja dan melaksanakan penyusunan program kerja dan kegiatan di lingkungan Dinas;
    6. menghimpun, mengolah dan menyajikan data serta informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan Dinas;
    7. menyiapkan bahan dan melaksakan penyusunan laporan  dalam rangka Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkungan Dinas;
    8. mengelola administrasi dan petatausahaan keuangan Dinas yang meliputi penyiapan bahan penyusunan rencana anggaran, pembukuan, verifikasi anggaran serta perbendaharaan termasuk pengendaliaan pengelolaan dokumen pelaksanaan anggaran di lingkungan Dinas;
    9. melaksanakan pembinaan, bimbingan dan arahan bagi bendaharawan Dinas;
    10. melaksanakan pengelolaan gaji pegawai di lingkungan Dinas;
    11. menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan anggaran dan penatausahaan keuangan di lingkungan Dinas sesuai dengan standar/pedoman yang telah ditetapkan; 
    12. menyiapkan bahan pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan dan ganti rugi di lingkungan Dinas ;
    13. menyiapkan bahan dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan Dinas serta menyusun langkah tindak lanjutnya;
    14. melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi dengan bidang/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
    15. melaksanakan Inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
    16. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
    17. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
    18. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
    19. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
    20. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

  1. Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang kepala Sub Bagian yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.
  2. Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas  membantu Sekretaris menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan administrasi umum dan perlengkapan serta administrasi kepegawaian di lingkungan Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
    1. menghimpun, mempelajari dan menelaah serta mengolah  peraturan perundang-undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data  dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
    2. menyusun rencana kerja dan kegiatan serta anggaran di lingkungan unit kerja;
    3. mengoordinasikan penyusunan SKP di lingkungan unit kerja;
    4. menyusun dan mengelola administrasi surat menyurat, penggandaan dan pengarsipan tatalaksana rumah tangga Dinas;
    5. mengelola administrasi perlengkapan yang meliputi perencanaan kebutuhan, pengadaan, pendistribusian/pemanfaatan, pemeliharaan dan inventarisasi barang perlengkapan/perbekalan rumah tangga Dinas;
    6. menyelenggarakan pendokumentasian serta kepustakaan di lingkungan Dinas;
    7. menyiapkan bahan pembinaan hubungan kemasyarakatan dan mengelola urusan keprotokolan di lingkungan Dinas;
    8. mengelola administrasi dan menyiapkan bahan serta melaksanakan penyusunan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana Dinas;
    9. menyiapkan bahan penyusunan perencanaan kebutuhan dan pengembangan kepegawaian di lingkungan Dinas;
    10. menyusun daftar urut kepangkatan, formasi pegawai sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    11. mempersiapkan usul kepangkatan, kenaikan pangkat, gaji berkala, hukuman disiplin, cuti, bebas tugas, pensiun, SKP dan lain-lain yang berhubungan dengan kepegawaian;
    12. menyusun dan memelihara data pegawai, daftar urut kepangkatan, formasi dan laporan kepegawaian;
    13. mengurus daftar hadir pegawai, perjalanan Dinas pegawai, dan kesejahteraan pegawai;
    14. melaksanakan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
    15. melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi dengan bidang/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
    16. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
    17. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
    18. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
    19. melaksanakanmonitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
    20. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.