Kepala Bidang Perpustakaan

  1. Bidang Perpustakaan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
  2. Kepala Bidang Perpustakaanmempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyiapkan perencanaan, perumusan kebijakan dan pelaksanaan program kerja serta kegiatan dalam bidang Perpustakaansesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Bidang Perpustakaan menyelenggarakan fungsi :
  1. perumusan bahan kebijakan operasional di bidang perpustakaan;
  2. perumusan bahan perencanaan   oprasional program dan kegiatan di bidang perpustakaan;
  3. perumsan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis di bidang pelayanan dan pembudayaan kegemaran membaca;
  4. perumsan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
  5. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan bidang Penatagunaan dan Pendaftaran Tanah; dan
  6. penyelenggaraan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.
  7. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Kepala Bidang Perpustakaan mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  8. mempelajari dan mengolah peraturan perundangan-undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  9. merumuskan bahan pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan urusan perpustakaan dan kearsipan bidang perpustakaansesuai dengan norma, standar, prosedur dan kriteria yang telah ditetapkan;
  10. menyusun rencana kerja dan kegiatan serta anggaran di lingkungan unit kerja;
  11. mengoordinasikan penyusunan SKP di lingkungan unit kerja;
  12. merumuskan bahan penyusunan standar pelayanan di lingkungan unit kerja;
  13. menyusun bahan perencanaan program kerja dan kegiatan di bidang perpustakaan sebagai pedoman dan acuan kerja;
  14. menyusun bahan koordinasi, pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis bidang perpustakaan;
  15. merumuskan bahan pengembangan koleksi, dan pengolahan bahan perpustakaan;
  16. merumuskan bahan pembinaan dan pengembangan perpustakaan;
  17. merumuskan bahan pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan;
  18. merumuskan bahan pengembangan pembudayaan kegemaran membaca;
  19. menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  20. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan satuan/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  21. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
  22. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
  23. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
  24. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
  25. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.

 

Kepala Seksi Pelayanan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca

  1. Seksi Pelayanan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Perpustakaan.
  2. Kepala Seksi Pelayanan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Perpustakaan menyiapkan bahan perumusan kebijakan, dan perencanaan operasional serta pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pelayanan dan pembudayaan kegemaran membaca sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Seksi Pelayanan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  1. menghimpun, mempelajari dan menelaah serta mengolah peraturan perundang undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. menyusun rencana kerja dan kegiatan serta anggaran di lingkungan unit kerja;
  3. mengkoordinasikan penyusunan SKP di lingkungan unit kerja;
  4. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis Pelayanan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca sesuai lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama penyelenggaraan layanan perpustakaan dengan perangkat daerah, Instansi terkait, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan masyarakat;
  6. menyelenggarakan layanan sirkulasi, layanan pinjam antar perpustakaan;
  7. menyelenggarakan layanan ekstensi (Perpustakaan keliling, dan layanan perpustakaan diluar jam kerja Pemerintah Kabupaten Nunukan);
  8. melaksanakan bimbingan pemustaka;
  9. melaksanakan stock opname dan penyiangan/pemilahan bahan perpustakaan (weeding);
  10. melaksanakan survei kepuasan pemustaka;
  11. melaksanakan pembudayaan kegemaran membaca;
  12. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan satuan/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  13. melakukan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
  14. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
  15. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
  16. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
  17. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
  18. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.

 

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan

  1. Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perpustakaan.
  2. Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Perpustakaan dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan perencanaan operasional serta pelaksanaaan program dan kegiatan di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan di lingkungan Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  1. menghimpun, mempelajari dan menelaah serta mengolah peraturan perundang undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. menyusun rencana kerja dan kegiatan serta anggaran di lingkungan unit kerja;
  3. mengkoordinasikan penyusunan SKP di lingkungan unit kerja;
  4. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan sesuai lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. melaksanakan pengembangan koleksi bahan pustaka melalui pembelian, hadiah, hibah, dan tukar menukar bahan perpustakaan;
  6. melaksanakan pengolahan  dan pemeliharaan bahan pustaka;
  7. memetakkan, mengumpulkan, menghimpun, dan mengelola naskah kuno dan koleksi daerah (local content);
  8. melaksanakan pembinaan dan pengembangan perpustakaan umum  di tingkat kecamatan, kelurahan dan  desa;
  9. melaksanakan pembinaan perpustakaan  khusus,  perpustakaan sekolah dan taman baca masyarakat;
  10. melaksanakan pembinaan, pengembangan dan evaluasi pustakawan  dan tenaga teknis perpustakaan;
  11. menyelenggarakan pemasyarakatan/sosialisasi, dan evaluasi pengembangan perpustakaan;
  12. menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama penyelenggaraan pengembangan perpustakaan dengan perangkat daerah, Instansi terkait, BUMD dan masyarakat;
  13. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan satuan/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  14. melakukan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
  15. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
  16. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
  17. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
  18. melaksanakanmonitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
  19. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.