Kepala Bidang Otomasi

  1. Bidang Otomasi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
  2. Kepala BidangOtomasi mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyiapkan perencanaan, perumusan kebijakan dan pelaksanaan program kerja serta kegiatan dalam bidang otomasi  perpustakaan, dan sistem informasi  kearsipan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Bidang Otomasi menyelenggarakan fungsi:
  1. perumusan bahan kebijakan operasional di bidang otomasi;
  2. perumusan bahan perencanaan   oprasional program dan kegiatan di bidang otomasi;
  3. perumsan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis di bidang otomasi perpustakaan;
  4. perumsan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis di bidang sistem informasi kearsipan;
  5. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan bidang otomasi; dan
  6. penyelenggaraan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.
  1. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3), Kepala Bidang Otomasi mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  1. mempelajari dan mengolah peraturan perundangan-undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. merumuskan bahan pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan urusan perpustakaan dan kearsipanbidang otomasi sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kriteria yang telah ditetapkan;
  3. menyusun rencana kerja dan kegiatan serta anggaran di lingkungan unit kerja;
  4. mengoordinasikan penyusunan SKP di lingkungan unit kerja;
  5. merumuskan bahan penyusunan standar pelayanan di lingkungan unit kerja;
  6. menyusun bahan koordinasi, pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis bidang otomasi perpustakaan, dan sistem informasi kearsipan;
  7. menyusun bahan koordinasi, pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis bidang sistem informasi kearsipan;
  8. merumuskan bahan otomasi perpustakaan meliputi pengembangan teknologi, informasi dan komunikasi perpustakaan, dan pengelolaan jaringan perpustakaan;
  9. merumuskan bahan pengembangan sistem informasi kearsipan meliputi pengembangan teknologi, informasi dan komunikasi, serta pengelolaan jaringan informasi kearsipan;
  10. merumuskan pelaksanaan perekaman, pencucian, dan penduplikasian serta pelestarian bahan perpustakaan;
  11. merumuskan pelaksanaan alih media dan reproduksi arsip dinamis dan arsip statis;
  12. merumuskan bahan pelaksanaan layanan informasi arsip dan pemanfaatan arsip statis;
  13. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan satuan/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  14. menginventarisir permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
  15. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
  16. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
  17. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
  18. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
  19. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.

 

Kepala Seksi Otomasi Perpustakaan

  1. Seksi Otomasi Perpustakaan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Otomasi.
  2. Kepala Seksi Otomasi Perpustakaan mempunyai tugas  membantu Kepala Bidang Otomasi dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan perencanaan operasional serta pelaksanaaan program dan kegiatan bidang otomasi perpustakaan di lingkungan Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Seksi Otomasi Perpustakaan mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
  1. menghimpun, mempelajari dan menelaah serta mengolah peraturan perundang undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. menyusun rencana kerja dan kegiatan serta anggaran di lingkungan unit kerja;
  3. mengkoordinasikan penyusunan SKP di lingkungan unit kerja;
  4. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis otomasi perpustakaan sesuai lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. melaksanakan Pengelolaan dan Pengembangan perangkat keras, lunak dan pangkalan data;
  6. melaksanakan Pengelolaan dan Pengembangan jaringan otomasi perpustakaan;
  7. melaksanakan perekaman, pencucian, dan penduplikasian bahan perpustakaan;
  8. menyelenggarakan pelestarian isi/nilai informasi bahan perpustakaan dalam bentuk mikrofilm maupun digital;
  9. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan bidang/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  10. melaksanakan Inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
  11. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
  12. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
  13. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
  14. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
  15. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya.

 

Kepala Seksi Informasi Kearsipan

  1. Seksi Informasi Kearsipan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Otomasi.
  2. Kepala Seksi Informasi Kearsipan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Otomasi dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan perencanaan operasional serta pelaksanaaan program dan kegiatan bidang informasi kearsipan di lingkungan Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Seksi Informasi Kearsipan mempunyai uraian tugas :
  1. menghimpun, mempelajari dan menelaah serta mengolah peraturan perundang undangan, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta data dan informasi lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. menyusun rencana kerja dan kegiatan serta anggaran di lingkungan unit kerja;
  3. mengkoordinasikan penyusunan SKP di lingkungan unit kerja;
  4. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis informasi kearsipan sesuai lingkup tugasnya berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. melaksanakan pengelolaan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kearsipan;
  6. menghimpun data informasi kearsipan dari seluruh SKPD;
  7. mengunggah data informasi kearsipan kedalam sistem informasi kearsipan;
  8. menyediakan akses dan layanan informasi kearsipan melalui Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN);
  9. melakukan evaluasi secara berkala terhadap penyelenggaraan  Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan JIKN sebagai simpul jaringan dan menyampaikan hasilnya kepada pusat jaringan nasional;
  10. melaksanakan alih media dan reproduksi arsip dinamis dan statis;
  11. menyiapkan bahan pemberian layanan informasi arsip dan pemanfaatan arsip statis;
  12. melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan bidang/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  13. melaksanakan Inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyusun petunjuk pemecahannya;
  14. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya;
  15. membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing;
  16. memberikan petunjuk, bimbingan dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan;
  17. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai bidang tugasnya; dan
  18. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai lingkup tugasnya